Besok, KPK Akan Uraikan Semua Proyek yang Diduga Dikorupsi Wawan Adik Atut

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 23:35 WIB
Tubagus Chaeri Wardhana (Wawan) (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan tersangka kasus dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) Pemkot Tangerang akan menjalani sidang perdana besok. KPK akan membeberkan seluruh proyek-proyek yang diduga dikorupsi oleh Wawan.

"Besok akan persidangan, bukan hanya TPPU tapi juga ada tindak pidana korupsi dengan tersangka TCW dan tindak pidana pencucian uang. Tentu kami uraikan nanti proyek-proyek yang diduga dikorupsi oleh terdakwa ini," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Febri mengatakan KPK juga akan menguraikan bagaimana pola pencucian uang yang dilakukan Wawan. Sebab, KPK menduga uang hasil korupsi itu digunakan untuk membeli tanah hingga mobil mewah.

"Karena prinsip dasarnya ada dugaan hasil-hasil dari tindak pidana korupsi dari proyek yang dikerjakan di Banten kemudian digunakan untuk berbagai hal membeli rumah, membeli tanah, kendaraan, atau benda-benda yang lain," ucapnya.

Febri mengatakan, hingga kini, belum mengetahui siapa saja saksi-saksi yang nantinya akan dihadirkan dalam proses persidangan Wawan tersebut. Namun ia memastikan saksi yang akan dihadirkan merupakan saksi penting untuk membuktikan tindak pidana korupsi yang dilakukan Wawan.

"Mungkin saksi-saksi yang penting untuk pembuktian tindak pidana korupsi dan pencucian uang itu akan dihadirkan. Apakah dari pihak-pihak yang mengetahui tindak pidana korupsinya, yang mengetahui dan terlibat misalnya dalam proses aliran dana pembelian, aset, dan lain-lain, termasuk legalitas asetnya itu akan dipanggil lebih lanjut," tutur Febri.