Round-Up

Aksi Ortu Jaman Now Gugat Sekolah karena Anak Tak Naik Kelas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 21:08 WIB
SMA Gonzaga
Jakarta -

Langkah Yustina, orang tua murid siswa di SMA Gonzaga, menggugat guru, kepala sekolah, hingga Kepala Pendidikan DKI Jakarta, lantaran anaknya tak naik kelas menjadi perhatian. Yustina merasa dirugikan karena anaknya tidak naik kelas XII.

Dalam gugatannya, Yustina menuntut ganti rugi materiil sebesar Rp 51.683.000 dan ganti rugi immateril sebesar Rp 500.000.000. Gugatan ini dipublikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (SIPP PN Jaksel). Perkara itu mengantongi nomor 833/Pdt.G/2019/PN JKT.SEL.

Dalam gugatan tersebut, tertera Yustina menggugat Kepala SMA Kolese Gonzaga, Pater Paulus Andri Astanto; Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Himawan Santanu; Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Gerardus Hadian Panomokta; guru sosiologi Kelas XI, Agus Dewa Irianto; hingga Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DKI Jakarta.

"Menyatakan keputusan para tergugat bahwa anak penggugat tidak berhak melanjutkan proses belajar ke jenjang kelas 12 SMA Kolese Gonzaga adalah cacat hukum. Menyatakan anak Penggugat memenuhi syarat dan berhak untuk melanjutkan proses belajar ke jenjang kelas 12 di SMA Kolese Gonzaga," demikian isi gugatan tersebut.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah menjelaskan duduk permasalahan terkait gugatan Yustina. Taga menyebut pihaknya sempat mau memediasi ortu murid dan pihak sekolah.

"Pertama itu memang Ibu Yustina sudah lapor ke Disdik, cuma belum sempat kami mediasi sudah sampai ke Pengadilan Negeri Jaksel itu. Nah, surat undangan itu saja ada saya masih belum mengarah ke pengadilan, saya harap ada mediasil ah," kata Taga saat dihubungi, Rabu (30/10/2019).