detikNews
2019/10/30 18:56:59 WIB

Hakim ke Nunung: Kalau Pakai Sabu untuk Stamina Kenapa Nggak Minum Jamu?

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 1
Hakim ke Nunung: Kalau Pakai Sabu untuk Stamina Kenapa Nggak Minum Jamu? Sidang lanjutan Nunung terkait kasus narkoba. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus narkoba, Tri Retno Prayudati alias Nunung, mengaku sebagai pihak yang pertama kali mengajak suaminya, July Jan Sambiran, menggunakan sabu. Sambil berkelakar, hakim bertanya kepada Nunung mengapa tak minum jamu kalau alasan memakai sabu untuk menjaga stamina.

Hal itu terungkap dalam sidang pemeriksaan terdakwa Nunung dan suaminya, Jan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Keduanya diperiksa secara bersamaan di kursi terdakwa.

Awalnya, anggota majelis hakim, Djoko Indiarto, bertanya soal pihak yang pertama kali mengajak menggunakan sabu. Nunung pun mengaku dialah yang pertama kali mengajak suaminya mengonsumsi narkoba pada Maret lalu.


Kemudian, hakim bertanya cara Nunung mengajak suaminya sehingga mau menggunakan sabu. Hakim Djoko pun heran dan menilai semestinya manajernyalah yang mengajak artisnya menggunakan sabu untuk menjaga stamina selama bekerja.

"Gimana ngajaknya? 'Ayo, Yan, kita nyabu yok'?" tanya Djoko dalam sidang pemeriksaan terdakwa di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).


"'Yan cari itu dong itu, biar aku bisa melek.' Suami saya itu pernah juga mengingatkan beberapa kali. Kalau saya kan memang saya kerja, saya ngajak suami," ujar Nunung menanggapi hakim.

Nunung mengaku awalnya sering diingatkan suaminya untuk tidak menggunakan sabu, tetapi akhirnya suaminya juga ikut memakai sabu. Jan beralasan agar Nunung tak tertangkap sendirian.

"Kalau sering (mengingatkan) kenapa kok ikut makai?" tanya Djoko ke Jan.


"Karena kalau dia ketangkap sendirian," jawab Jan diiringi tawa penonton sidang.

Kepada hakim, Nunung menjelaskan alasannya memakai sabu untuk menjaga stamina. Sebab, dia mengaku sering mengantuk ketika harus bekerja sejak pagi hingga seharian.

Djoko menilai semestinya ketika Nunung sedang syuting, sebagai manajernya, Jan bisa menggunakan waktunya untuk tidur. Namun, Nunung menjelaskan saat dia syuting, Jan harus ada di hadapannya agar dia semakin semangat.

Nunung menambahkan, kalau Jan tidak ada di hadapannya ketika sedang syuting, dirinya bisa marah. Kemudian, sambil bercanda, hakim mengingatkan agar Jan selalu menyaksikan istrinya saat sedang syuting agar dia tidak mengantuk daripada memakai sabu.


"Saya pikir kalau nggak kelihatan wah jangan-jangan dia (Jan) nyari artis yang lebih cantik?" tanya Djoko.

"Nggak," sanggah Nunung.

"Ya barangkali?" tanya Djoko lagi.

"Ya karena kalau ada suami itu kan lebih semangat," kata Nunung.

"Ya kalau gitu nggak usah pakai sabu. Mantengin aja biar lebih semangat! Besok lagi kalau sudah selesai (menjalani sidang) mendampingi. Coba-coba senyum?" kata hakim Djoko.


Kemudian keduanya tersenyum di hadapan hakim. "Cantik dan manis," Djoko menambahkan.

Sambil bercanda, hakim kembali bertanya kepada Nunung, jika alasannya memakai sabu untuk menjaga stamina, mengapa tidak memakai jamu saja. Hakim juga mengingatkan agar kejadian tersebut tidak perlu terjadi kembali.

"Jadi karena sama-sama ingin meningkatkan stamina kok nggak pakai itu apa itu yang roso-roso? Yang Mbah Marijan itu loh? Kuku Bima ginseng sudah pernah nyoba?" tanya hakim sambil berkelakar.

"Itu buat laki-laki," jawab Nunung, disambut tawa pengunjung sidang.
(yld/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com