Moeldoko Jelaskan Pembentukan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 18:28 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Lisye-detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, badan tersebut dipimpin figur yang sama.

"Kan pejabatnya satu, Pak Wishnutama. Seperti manajemen talenta ingin membuat badan, akhirnya ditarik ke KSP. Nanti yang mungkin membawahi salah satu deputi," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Moeldoko menjelaskan alur koordinasi Baparekraf dengan Kemenparekraf. Jika Baparekraf dipisah, maka membutuhkan biaya lebih tinggi.

"Ini sama seperti Menteri Pariwisata dan badan, tapi unsur di bawahnya kalau itu umpamanya badan ditarik sendiri, butuh infrastruktur sendiri, tapi kalau langsung di bawah menteri, menteri sebagai ketua badan, tapi di bawahnya deputi," katanya.

Pembentukan Baparekraf itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam Pasal 1 disebutkan Baparekraf adalah lembaga nonpemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Baparekraf itu dipimpin seorang kepala.

"Kepala dijabat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," demikian bunyi Pasal 6 yang dikutip detikcom, Rabu (30/10).



Simak juga video "Tanggapan Reza Rahadian soal Bekraf Gabung di Kemenparekraf" :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/idn)