Begini Cara Menag Fachrul Razi Tuntaskan Paham Radikal

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 17:28 WIB
Menag Fachrul Razi (Isa Mawardi/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memiliki cara untuk menuntaskan radikalisme di Indonesia. Fachrul menyebut upaya yang dilakukan Kemenag untuk menuntaskan radikalisme itu dari memberikan penyuluhan hingga peringatan.

"Kalau kita kan ada bidang kita sendiri, kalau bidang kami kan, satu, kurikulum. Kemudian penyuluhan-penyuluhan, kemudian memberi peringatan-peringatan kepada penceramah-penceramah yang menyimpang gitu. Kalau sudah sampai pada ujaran kebencian, lanjutnya sudah aparat hukum," tegas Fachrul saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).



Ia juga mengatakan akan membuat ruang dialog dengan sejumlah pemuka agama di Indonesia. Dialog ini bertujuan menyamakan pandangan terkait definisi radikalisme itu sendiri.

"Kalau ketemu (pemuka agama), pasti saya usahakan ketemu dengan mereka-mereka. Mungkin dia yang datang, mungkin ketemu di mana," ucapnya.



Fachrul juga mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkannya agar membuat program deradikalisasi yang bertujuan menangkal paham radikal. Ia mengaku seluruh instansi pemerintah di kementerian mana pun memiliki instruksi yang sama dan sudah memiliki tugas menangkal radikalisme.

"Pak Jokowi kan sudah saya bilang memerintahkan, bukan hanya kepada kementerian agama saja. Semua kementerian dan semua instansi terkait. Jadi masing-masing ke bidang masing-masinglah, kalau udah penangkapan terus penyidikan, pengusutan, sampai ke bawah itu kan sudah ada bidang yang lainnya ya," jelasnya.


Simak juga video "Blak-blakan Menag: Antara Prabowo, Rizieq & Somad" :

[Gambas:Video 20detik]

(zap/fjp)