SD di Kampar Riau yang Berlantai Tanah Kini Sudah Kinclong

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 12:59 WIB
Foto: SD di Kampar Riau kini sudah kinclong (Dok ist)
Pekanbaru - Bangunan SD Marjinal di Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau dulunya sangat miris dinding bambu dan lantai tanah. Kini sekolah jarak jauh itu sudah kinclong.

Wajah murid SD Marjinal tak lagi murung. Ada 16 siswa di sana yang saban hari belajar dengan dua orang tenaga pengajar. Para murid kini sudah bisa ceria karena sekolah mereka tak lagi seperti kandang kambing.



Kini banguan dua kelas sudah permanen yang dibangun secara bertahap. Sekolah itu sudah beratapkan seng baru, dinding beton, lantai sudah licin dengan semen, tak beralaskan tanah liat lagi.

Sekolah marjinal ini merupakan sekolah jarak jauh dari SD Negeri 10 sebagai sekolah induk. Sekolah jarak jauh ini dibuat, karena keterbatasan sarana infrastruktur jalan. Sejumlah murid kesulitan menuju ke sekolah induk, kerana harus melintasi sejumlah anak sungai yang tak ada jembatan. Jarak ke sekolah induk sekitar 3 Km.

SD di Kampar Riau yang Berlantai Tanah Kini Sudah KinclongFoto: SD di Kampar Riau kini sudah kinclong, dulunya SD ini sudah reot bahkan papan tulis hanya sisa setengah (Dok ist)


Sekolah Marjinal ini dibangun sekitar tahun 2006 silam dengan kondisi yang memprihatinkan. Atapnya bocor saat hujan karena hanya bermodalkan terpal, dinding dari papan dan bambu banyak bolong, bangku dan tempat duduk banyak yang tak memedai. Persoalan ini sempat viral di media sosial tahun 2017. Media ini juga sempat menuliskan kisah sekolah reot itu.

Kini bangunan sekolah itu sudah layak huni untuk proses belajar mengajar. Salah satu inisator untuk pembangunan gedung sekolah ini adalah, Bripka Rolan Manurung anggota Lantas Polda Riau.

Berawal Rolan saat bertugas menyeberangkan beberapa orang yang meminta sumbangan untuk membangun SD Marjinal itu di depan tugu Zapin kawasan Jl Sudirman, Pekanbaru di sebelah Markas Polda Riau.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3