Soal Sampah di TPA Suwung, Koster Imbau Tiap Kabupaten Bali Buat Penampungan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 10:00 WIB
Foto: Foto: pengangkutan sampah di Denpasar/dok. Humas Pemkot Denpasar
Denpasar - Sampah-sampah yang menggunung di Denpasar sudah bisa diangkut tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Suwung, Denpasar, Bali. Gubernur Bali Wayan Koster meminta pemerintah daerah setempat membuat tempat penampungan sampah akhir sementara untuk mengurangi volume sampah di TPA Suwung.

"Permasalahan sampah memang sangat sensitif, tidak menyalahkan juga masyarakat di sana terganggu terutama terhadap permasalahan baunya untuk itu, harus segera ditangani. Terkait pemblokiran akses, kita juga sudah bertemu dan meninjau langsung, yang kami harapkan jangan sampai terjadi aksi serupa terulang kembali, agar tidak mengganggu kondisi Bali yang lebih luas," kata Koster dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/10/2019).

Pada Senin (28/10) lalu, pecalang setempat melakukan aksi blokade jalan di TPA Suwung sehingga tak ada truk-truk sampah yang bisa melintas. Akibatnya terjadi antrean panjang dan sampah-sampah di kota Denpasar tak bisa diangkut dan menggunung di beberapa TPS. TPA Suwung sendiri menampung sampah-sampah dari kabupaten Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan (Sarbagita).

Aksi blokade itu disebabkan karena warga menuntut kebakaran yang terjadi di areal TPA Suwung segera dipadamkan. Cuaca dan banyaknya bahan yang mudah terbakar menjadi kendala tim untuk memadamkan api. Koster pun mengimbau masing-masing kabupaten/kota untuk membangun TPA sementara, hingga penataan TPA Suwung selesai.

"Selesai dilakukan revitalisasi berupa penghijauan di areal TPA Suwung, masih terdapat sisa lahan untuk pembuangan sampah, tapi seharusnya ini tidak boleh menumpuk lagi sedangkan yang terjadi di lapangan baru mulai per Agustus saja sampai saat ini, sekitar tiga bulan volume sampah sudah tidak terkontrol, sudah menumpuk lagi di sana. Jadi jangan sampai terjadi masalah yang sama untuk kedua kalinya, sampah kembali menggunung," ujar Koster.

"Kondisi ini darurat, jadi dalam waktu dekat ini saya imbau Kabupaten/Kota Sarbagita untuk segera membuat TPA sementara di daerahnya masing-masing, yang di Gianyar buat di Gianyar, yang di Tabanan buat di Tabanan, begitu juga Badung, sehingga sampahnya selesai di daerah masing-masing," sarannya.