detikNews
2019/10/30 08:04:34 WIB

PGI Kritisi Solusi Dialog Ala Menag untuk Atasi Penolakan Pembangunan Gereja

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
PGI Kritisi Solusi Dialog Ala Menag untuk Atasi Penolakan Pembangunan Gereja Ilustrasi gereja (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengusulkan solusi dialog untuk mengatasi persoalan penolakan pembangunan gereja yang terjadi di sejumlah daerah. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengkritisi solusi tersebut dengan mengungkap masalah yang selama ini mereka temukan di lapangan.

"Sebenarnya kan lebih banyak persoalan IMB ya, persoalan bagaimana mendapatkan IMB yang sebetulnya seharusnya itu harus difasilitasi oleh pemerintah. Bagaimana rumah ibadah mendapatkan IMB. Tapi kan dalam kenyataannya, bahwa justru persoalan ini banyak di pemerintah," kata Humas PGI, Irma Riana Simanjuntak, Selasa (29/10/2019) malam.



Dia menilai pemerintah kerap melakukan pembiaran ketika ada kelompok yang tidak menginginkan keberadaan pembangunan rumah ibadah agama tertentu di suatu wilayah. Pemerintah juga dinilai kurang memfasilitasi dalam proses perizinan untuk pembangunan gereja

"Pemerintah kurang memfasilitasi bahkan ketika ada kelompok-kelompok intoleran yang tidak menginginkan keberadaan suatu rumah ibadah di suatu tempat itu sepertinya ada pembiaran terhadap kelompok-kelompok itu. Kalau dari data-data yang dikumpulkan Biro Litbang PGI, itu terlihat bahwa aktornya itu kekurang tegasan pihak pemerintah ketika dalam pengurusan IMB ini pertama tidak memfasilitasi, lalu kedua juga seperti melakukan pembiaran terhadap kelompok-kelompok intoleran itu untuk menekan sehingga ketika ada tekanan massa itu justru seperti berada di pihak yang salah," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com