Jadi Ketua Komisi XI DPR, Dito Bakal Dukung Perpindahan Ibu Kota

Mustiana Lestari - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 07:58 WIB
Foto: Golkar
Jakarta -

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto bertekad untuk mendukung program-program pemerintah Joko Widodo. Pimpinan Komisi Keuangan DPR RI ini menyatakan program pemerintah, seperti pemindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan Timur, menjadi salah satu fokus Komisi XI yang akan mereka wujudkan.

"Komisi XI akan memberikan dukungan sepenuhnya sehingga hal itu (perpindahan ibu kota) bisa terlaksana sesuai yang sudah dicanangkan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo)," ungkap Dito dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2019).

Lewat pemindahan ibu kota ini Dito berharap mampu menggerakkan perekonomian nasional. Terlebih dalam kondisi perekonomian global yang tengah lesu beberapa tahun terakhir.

"Kami akan mendukung pemerintah dalam mengatasi situasi ekonomi global saat ini yang sedang terjadi di seluruh dunia, sehingga kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan, dan mengurangi kemiskinan. Kita juga akan mengawasi kinerja pemerintah. Kira-kira begitu," ujarnya.

Untuk mewujudkan dukungan nyata tersebut Dito langsung mengagendakan sejumlah rapat kerja bersama mitra kerja dari sejumlah kementerian.

"Besok, kita akan rapat internal dan akan kita susun jadwalnya. Lalu, rapat-rapat akan kita laksanakan hingga penutupan masa sidang,"

Harapannya lewat kerja sama antara parlemen dan pemerintah yang lebih baik maka target yang dicanangkan pemerintah di bidang perekonomian dapat tercapai.

Selepas dilantik, Dito mendapatkan berbagai ucapan selamat, salah satunya dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

"Saya mengucapkan selamat kepada saudara Dito yang dipercaya menjadi pimpinan Komisi XI DPR," kata Dasco.

Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan itu juga langsung menyerahkan palu sidang kepada Dito sebagai pimpinan Komisi XI. Di Komisi ini Dito akan didampingi wakil ketua Komisi XI, Fathan Subhi (PKB), Eriko Sotarduga (PDIP), Achmad Hatari (NasDem), dan Amir Uskara (PPP).





Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru:

[Gambas:Video 20detik]

(mul/mpr)