Round-Up

Menag Fachrul Razi Bicara Program Toleransi hingga Antikorupsi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 07:50 WIB
Foto: Menteri Agama Fachrul Razi. (Dok Kemenag)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengingatkan jajarannya untuk fokus agar program yang dicanangkan tidak sekedar wacana. Fachrul juga bicara soal pencegahan korupsi hingga menjaga toleransi antarumat beragama.

Fachrul Razi menekankan agar mengutamakan dialog dan musyawarah bila terjadi penolakan di masyarakat yang terkait alasan agama. Fachrul menyampaikan ke jajaran Kementerian Agama seluruh Indonesia.

"Sudah kita sampaikan. Kita lihatnya case by case dan memang ditolak maka kita musyawarah, ditolaknya karena apa. Bisa nggak kita musyawarahkan," kata Fachrul usai rapai koordinasi dengan jajaran Kemenag daerah di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Fachrul mencontohkan jika terjadi penolakan pembangunan gereja. Fachrul yakin soal penolakan itu bisa diselesaikan jika ada dialog.

"Tadi saya contohkan, bagaimana kalau ditolak bangun gereja ya kita tanya kenapa ditolaknya. Misalnya dibilang, 'Pak dia kan cuma ada 5 KK di sini tapi akan bangun gereja seperti ini, kalau dikecilkan sedikit boleh nggak? Boleh', nah seperti itulah, kita coba dialog. Belum tentu sukses tapi paling nggak ada upaya kita berbuat lebih baik," ujarnya.


Fachrul juga berencana menggelar pertemuan dengan para pemuka agama. Kemungkinan pertemuan itu akan digelar minggu depan.

"Pasti ada. Cuma akan diatur. Mungkin paling cepat seminggu atau dua minggu lagilah," ujarnya.

"Paling tidak kita koordinasi sama-sama, silaturahmi, langkah ke depan apa yang kita lakukan. Kan semuanya sudah jalan," sambungnya soal pembahasan pertemuan itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2