Prabowo dan Amien: Antara Hubungan Dekat hingga Restu Bersyarat

Round-Up

Prabowo dan Amien: Antara Hubungan Dekat hingga Restu Bersyarat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 20:48 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Grandyos Zafna/detikcom)
Menhan Prabowo Subianto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Politikus senior PAN Amien Rais merestui langkah Ketum Gerindra Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju. Namun Gerindra kemudian mencurigai restu dari Amien.

Dirangkum detikcom, Amien Rais berpendapat Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 harus diberikan kesempatan untuk bekerja. Menurutnya, Prabowo yang menjadi bagian dari kabinet itu, layak diberikan kesempatan untuk membuktikan diri lewat kerja nyata.

"Jadi Pak Prabowo harus diberikan fair chance. Bahkan kabinet ini pun itu menurut saya jangan dikritik dulu," kata Amien di Masjid Jami' Karangkajen, Kota Yogyakarta, Minggu (27/10).


"Jadi berikanlah tiga bulan sampai satu semester. Jangan belum apa-apa dikatakan ini kabinet yang tidak profesional, kabinet carut-marut, kabinet yang membuat banyak problem, tidak nendang, dan lain-lain," lanjutnya.

PAN diketahui merupakan salah satu partai pengusung Prabowo saat Pilpres 2019. Namun kini Gerindra masuk ke kabinet, sementara PAN tidak.

Gerindra pun menangkap maksud lain di balik restu Amien. Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai ada syarat di balik restu yang diberikan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kepada Prabowo yang menjadi Menhan. Amien Rais disebut ingin ikut memonitor langkah-langkah Prabowo sebagai Menhan agar bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya lihat bahwa Pak Amien Rais merestui Pak Prabowo akan mendukung menjadi Menteri Pertahanan juga dengan syarat. Dengan syarat bahwa Pak Amien itu juga akan ikut membantu memonitor supaya langkah-langkah yang dilakukan oleh Pak Prabowo itu memang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara," kata Dasco di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10).


Namun Dasco menampik jika ada janji politik khusus antara Prabowo dan Amien Rais. Dasco menganggap sikap Amien Rais yang merestui Prabowo sebagai sikap yang positif.

"Setahu saya tidak ada janji politik apa-apa," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2