Profil Paundrakarna, Cucu Bung Karno yang Dijagokan di Pilwalkot Surakarta

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 17:59 WIB
Paundrakarna. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta - Nama Paundrakarna disebut-sebut akan disandingkan dengan Gibran Rakabuming untuk maju di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020. Gibran, yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai calon wallkot, sedangkan Paundra, yang cucu Bung Karno, untuk posisi calon wakil wali kota.

Lalu, seperti apa sosok Paundrakarna ini?



Pemilik nama asli Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro atau lebih dikenal dengan Paundrakarna itu adalah cucu Proklamator Sukarno atau Bung Karno. Paundra juga merupakan keluarga dari Keraton Mangkunegara, Surakarta, Jawa Tengah.

Sangat mencintai dunia seni, berikut ini beberapa fakta menarik soal Paundrakandra yang dirangkum detikcom:

1. Pendidikan

Paundrakarna menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Surakarta pada 1994. Setelah lulus, Paundra melanjutkan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994.

Untuk mendukung kariernya di dunia hiburan, Paundra pernah masuk Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta jurusan broadcasting tahun 2000.

2. Cucu Presiden Sukarno

Paundrakarna Sukma Putra adalah cucu presiden pertama RI, Sukarno. Dia merupakan putra pasangan Sukmawati Soekarnoputri, yang merupakan salah satu putri Bung Karno, dengan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX.


3. Pernah Bermain Film dan Sinetron

Pria kelahiran 19 April 1979 ini pernah beberapa kali terlibat dalam film. Paundrakarna pernah berakting di sinetron 'Gita Cinta dari SMA' pada 2003 bersama Ratna Galih. Dan pada 2016, Paundrakarna pernah terlibat dalam film 'Rudy Habibie' sebagai tokoh antagonis.


4. Pernah Terjun Ke Dunia Politik

Paundrakarna, selain dikenal sebagai artis, pernah menjadi politikus PDIP. Putra KGPAA Mangkunegoro IX dan Sukmawati Soekarnoputri itu pernah menjadi anggota DPRD di Solo. Namun, di tengah jalan, dia dicopot karena dinilai kurang aktif dalam kegiatan DPRD.

5. Siap Dipasangkan dengan Gibran di Pilwalkot Surakarta 2020

Partai Gerindra berencana menggaet cucu Bung Karno, Paundrakarna, untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020. Paundra diwacanakan berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Sosok Paundra ini adalah wacana DPC Gerindra yang akan kami usulkan ke pusat. Dalam waktu dekat, kami akan menemui beliau di (istana) Mangkunegaran untuk berkomunikasi lebih intens. Soal koalisi itu masih jauh, yang pasti kami terus berkomunikasi dengan partai lain," kata Ketua DPC Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno.




Simak juga video "Digagas Bung Karno, Kenapa Pemindahan Ibu Kota Dieksekusi Jokowi?" :

[Gambas:Video 20detik]

(lus/erd)