Ratusan Pimpinan Organisasi Pemuda Dukung Suhendra Jadi Kepala BIN

Yakob Arfin - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 17:32 WIB
Foto: Indo Menara Digital
Jakarta - Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (KMPI) yang terdiri atas seratus orang lebih pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menginginkan Badan Intelijen Negara (BIN) dipimpin oleh sosok yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi, seperti Suhendra Hadikuntono.

Ketua Presidium KMPI Rusdi Ali Hanafia menjelaskan, hal itu sudah diputuskan dalam beberapa kali pertemuan ratusan OKP tersebut selama Oktober ini.

"Berkumpulnya pemuda-pemudi tersebut adalah untuk memberikan dukungan dan ikut serta mengawal calon tunggal Kepala BIN, yakni Bapak Suhendra Hadikuntono," kata Rusdi dalam keterangan tertulis, Selasa (29/10/2019).


"Ada lebih dari 100 OKP dan ormas yang mendukung Bapak Suhendra sebagai Kepala BIN," tambahnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini juga menyebut dukungan itu diberikan karena mereka memandang Suhendra layak memimpin BIN.

"Pemuda-pemudi hari ini menginginkan pimpinan BIN segera digantikan oleh Bapak Suhendra yang notabenenya adalah sipil berkapasitas, memiliki integritas dan berpengalaman dalam intelijen, karena kepribadian serta gaya kepemimpinan yang humanis dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi," lanjutnya.

Rusdi mengaku tak mempermasalahkan status Suhendra yang berasal dari kalangan sipil. Sebab pada masa jabatan sebelumnya, pimpinan BIN pernah dijabat oleh sipil.


"Sejarah telah mencatat bahwa kepemimpinan lembaga BIN juga pernah dijabat oleh sipil di era Bung Karno, yakni Dr Soebandrio (1959-1965). Belum lama ini juga Wakil Kepala BIN dijabat Assad Ali yang berasal dari sipil," pungkasnya.


Simak juga video "Kabinet Menuai Kontroversi, Hendropriyono Sebut Kesalahan Penempatan" :

[Gambas:Video 20detik]

(akn/prf)