Mardani Berdoa PKS-PAN-PD-Berkarya Bersama-sama Jadi Oposisi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 17:13 WIB
Foto: Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)
Foto: Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap tidak menjadi oposisi sendirian. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera berharap 4 partai mantan rekan koalisi di Pilpres 2019 untuk menjadi oposisi.

"Terkait dengan oposisi sekarang, sampai sekarang saya berdoa semua partai politik pendukung Prabowo-Sandi jadi oposisi. Sekarang Gerindra masuk (koalisi), sekarang sisa PAN, Demokrat, PKS, Berkarya, berharap empat-empatnya bersama," kata kata Mardani, dalam diskusi 'DPR RI 2019-2024 Antara Kritik dan Harapan', di The Indonesian Institute, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).


Meski demikian, Mardani menyebut tidak dalam posisi mengajak oposisi. Sebab, menurut Mardani, partainya bukan pemenang pemilu.

"Tapi PKS tidak dalam posisi mengajak, karena setiap partai punya kebebasan dan kemandirian dalam menentukan sikap. Kecuali kita pemenang ngajak koalisi orang mau, ngajak oposisi belum tentu mau, gitu kan," ujarnya.

Mardani pun berujar sulitnya jika mengajak partai lain untuk bergabung menjadi oposisi. Dia mengungkapkan partainya tidak bahagia menjadi oposisi sendirian.

"Kalau kita ajak 'sok-sokan ente ngajak kita oposisi' gitu kan, 'emang enak oposisi?' gitu kan. Jadi buat saya, kami pada tidak posisi mengajak, saya pribadi selalu mengatakan PKS tidak bahagia kalau oposisi sendirian.


Ketidakbahagiaan PKS, kata Mardani, karena oposisi memerlukan dua hal. Salah satunya adalah jumlah dukungan.

"Karena oposisi itu perlu dua, perlu konten tapi perlu rules number juga. Kalau kontennya bagus, tapi kontennya nggak ada, kalah terus," imbuhnya.


Simak juga video "Tak Dapat Kursi Menteri, PAN Jadi Oposisi atau Koalisi?" :

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/gbr)