ADVERTISEMENT

Penjelasan Nico Siahaan soal Rp 250 Juta di Acara PDIP dari Sunjaya

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 12:27 WIB
Nico Siahaan (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Junico BP Siahaan atau yang lebih dikenal dengan nama Nico Siahaan kembali menjelaskan soal adanya uang dari mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra untuk acara PDIP. Nico, yang merupakan politikus PDIP, mengaku uang itu adalah sumbangan dari Sunjaya.

Acara yang dimaksud Nico adalah Kongres Sumpah Pemuda yang digelar PDIP pada 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Kebetulan saat itu Nico diberi mandat sebagai ketua panitia kegiatan.
"Jadi menurut saya itu adalah gotong royong ya sebenarnya, yang menurut saya itu wajar dilakukan oleh anggota organisasi," kata Nico setelah menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/10/2019).

Nico mengaku ini bukan pemeriksaan terhadapnya yang pertama kali. Sebelumnya pun dia mengaku sudah menjelaskan hal ini kepada penyidik KPK.

"Saya sudah jawab sama seperti kemarin. Yang ditanyakan apakah Anda mengetahui, ya saya bilang saya nggak tahu uangnya dari mana. Kan begitu. Itu adalah sumbangan dia, kita nggak tanya satu-satu," kata Nico.
Namun Nico memastikan uang sebesar Rp 250 juta yang disumbangkan Sunjaya itu sudah dikembalikan ke KPK. Sunjaya saat itu merupakan kader PDIP sebelum akhirnya dipecat karena terjerat korupsi.

Nico hari ini dimintai keterangan KPK sebagai saksi dalam kasus pencucian uang yang menjerat Sunjaya. Ini merupakan kasus kedua bagi Sunjaya setelah dijerat KPK karena urusan suap. (ibh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT