Amien Rais Restui Prabowo Menhan, PDIP: Cara Pandangnya Berubah

Amien Rais Restui Prabowo Menhan, PDIP: Cara Pandangnya Berubah

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 08:37 WIB
Foto: Ahmad Basarah (Nur Indah Fatmawati/detikcom).
Foto: Ahmad Basarah (Nur Indah Fatmawati/detikcom).
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, merestui Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan RI. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengucapkan terima kasih atas kebesaran hati Amien Rais.

"Saat ini pak Amien Rais menunjukan perubahan cara pandang orientasi dan sikap terhadap Pemerintahan Joko Widodo, terutama dengan masuknya Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan kabinet Indonesia maju, tentu kita menyampaikan ucapan terima kasih terhadap pikiran dan sikap Pak Amien Rais yang sekarang mendukung pemerintahan Pak Jokowi dan Kiai Haji Maruf Amin," ujar Basarah ketika dihubungi detikcom, Senin (27/10/2019).

Ahmad berharap dukungan Amien Rais terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Tentu kita berharap dukungan tersebut adalah dukungan yang bersifat konstruktif," ujar Basarah.


Basarah menyebut jabatan yang diemban Prabowo yakni strategis. Karena Menteri Pertahanan termasuk dalam Trium Virat bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri, yakni menteri yang berhak mengisi kekosongan kepemimpinan jika presiden dan wakil presiden tidak dapat menjalankan pemerintahan.

"Dalam konstitusi kita dikatakan jika presiden kita berhalangan, tetap maka penggantinya untuk sementara adalah Trium virat yang dijabat yang diwakili oleh menteri pertahanan, luar negeri, dan dalam negeri. Jadi dari sisi itu, memang posisi menteri pertahanan adalah posisi strategis meskipun semua menteri dan kementerian di dalam struktur kabinet kita adalah sama-sama stratgeisnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing," ujar Basarah.

Selanjutnya
Halaman
1 2