Massa Aksi Bubar, Jalan Sekitar Istana Dibuka

Jefrie Nandy Satria, Wilda Hayatun - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 18:45 WIB
Jakarta - Massa yang sebelumnya menggelar demonstrasi di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), membubarkan diri. Jalan sekitar Istana yang sempat ditutup kini telah dibuka.

Pantauan detikcom di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, pukul 18.30 WIB, Senin (28/10/2019), terlihat kawat berduri yang sebelumnya menutup jalan mulai dipinggirkan ke trotoar.



Setelah kawat berduri dibuka, kendaraan terlihat mulai bisa melintas lagi. Bus TransJakarta juga tampak melintas lagi.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan, sebelumnya menyampaikan apresiasi kepada massa yang berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakpus, karena bisa tertib. Dia mengimbau seluruh massa tidak lagi berkumpul, melainkan pulang ke rumah masing-masing.

Meski koordinator aksi sudah menyatakan aksi bubar, masih ada sebagian kecil massa yang berkerumun di sekitar Patung Kuda. Polisi meminta massa segera pulang sesuai aturan batas waktu demonstrasi, yakni pukul 18.00 WIB.

"Sudah waktunya salat Magrib. Kami juga sudah mengingatkan sudah pukul 18.00 WIB," kata Harry lewat pengeras suara di sekitar Patung Kuda.



Sebagian massa memang terlihat sudah meninggalkan lokasi aksi. Meski demikian, sejumlah massa masih berada di sekitar Patung Kuda.

Harry pun mengapresiasi para mahasiswa dan buruh yang menggelar aksi dengan tertib. Dia mengatakan para buruh yang ikut aksi sebagian sudah kembali ke daerah masing-masing.

"Pelaksanaan kegiatan unjuk rasa yang dilakukan di wilayah Jakpus berjalan dengan aman dan tertib. Terima kasih," ucapnya. (haf/hri)