Polri: 6 Terduga Teroris yang Ditangkap di Jabodetabek Berbaiat ke ISIS

Polri: 6 Terduga Teroris yang Ditangkap di Jabodetabek Berbaiat ke ISIS

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 16:39 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra. (Audrey/detikcom)
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra. (Audrey/detikcom)
Jakarta - Densus 88 Antiteror Polri menangkap 6 terduga teroris di sejumlah lokasi di Jabodetabek. Polri menyebut keenamnya merupakan kelompok Endang alias Abu Rafi alias Pak Jenggot yang diamankan di Cibinong, Bogor, pada Mei lalu.

"Enam teroris ini merupakan bagian pengembangan pelaku terdahulu yang kita tangkap, yaitu Saudara Endang atau Pak Jenggot," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).
Pak Jenggot ditangkap Densus di depan gang rumahnya pada Jumat (17/5) siang. Saat menggeledah rumah Pak Jenggot, polisi menemukan enam bom pipa siap ledak, bom panci, gelas ukur, dan bahan peledak TATP atau mother of satan. Bom itu telah didisposal atau dihancurkan pada Sabtu (18/5).

Asep melanjutkan enam terduga teroris yang ditangkap pekan lalu membaiat diri ke kelompok radikal ISIS. Para terduga teroris itu juga disebut berniat melancarkan aksi teror di tengah rangkaian momen Pemilu 2019.

"Mereka berbaiat kepada ISIS dan kegiatan mereka beberapa waktu lalu untuk mengganggu jalannya proses demokrasi kita. Alhamdulillah hari ini semua dilakukan penangkapan dan akan dilakukan pengembangan," ujar Asep.
Selanjutnya
Halaman
1 2