Demo di Jalan MH Thamrin, Massa Buruh Tolak Iuran BPJS Naik

Demo di Jalan MH Thamrin, Massa Buruh Tolak Iuran BPJS Naik

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 16:35 WIB
Massa buruh menggelar demonstrasi di Jalan MH Thamrin. (Sachril/detikcom)
Massa buruh menggelar demonstrasi di Jalan MH Thamrin. (Sachril/detikcom)
Jakarta - Massa Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menggelar aksi di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan hingga menolak UU Ketenagakerjaan yang dinilai hanya mengakomodasi pengusaha dan pemerintah.

"Tuntutannya menolak kenaikan iuran BPJS. Kedua, menolak UU Ketenagakerjaan versi pengusaha dan pemerintah. Ketiga, hentikan represintitas terhadap gerakan rakyat, baik pemuda, mahasiswa, perempuan, buruh, termasuk pelajar," kata Ketua KASBI Nining Elitos di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).


Mereka juga meminta polisi melepas orang-orang yang diamankan saat demonstrasi berujung ricuh pada September 2019. Massa aksi juga meminta pemerintah melibatkan berbagai stakeholder dalam menyusun revisi UU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba hingga revisi UU Ketenagakerjaan.

"Kita mendesak kepada pemerintah agar tidak melakukan revisi ke UU yang pasalnya ngawur. Mau UU RKUHP, UU Pertanahan, UU Air Minerba, dan Ketenagakerjaan. Artinya, pemerintah harus melibatkan semua stakeholder yang kemudian proses dan kemudian keterbukaan tranparansinya harus dibuka," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2