detikNews
2019/10/28 12:32:32 WIB

Jokowi: Jangan Ada Lagi Kerusuhan di Wamena, yang Rugi Kita Semua

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi: Jangan Ada Lagi Kerusuhan di Wamena, yang Rugi Kita Semua Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (Andhika/detikcom)
Wamena - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kerusuhan tidak terjadi lagi di tanah Papua, termasuk di Wamena. Jokowi mengajak peran serta tokoh dan masyarakat menjaga situasi kondusif.

"Saya minta keamanan betul-betul kita jaga bersama-sama. Jangan ada peristiwa lagi, tapi ini jadi komitmen, jadi pengalaman empiris kita agar kejadian ini tidak lagi terjadi. Yang rugi kita semuanya, kita semuanya, baik memulihkan ekonomi, psikologis politik, semuanya," kata Jokowi saat bertemu perwakilan tokoh dan masyarakat di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (28/10/2019).


Jokowi mengatakan TNI dan Polri siap menjamin keamanan di Wamena. Harapannya, aktivitas perekonomian masyarakat segera pulih.

"Aparat TNI dan Polri siap menjamin keamanan agar roda ekonomi yang ada kembali normal. Negara ini, Indonesia negara besar. Jadi kalau ada masalah, ada problem, kita selesaikan. Yang paling penting masalahnya selesai," ujar Jokowi.

Menyusul dari kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu, Jokowi memerintahkan jajarannya memperbaiki bangunan yang rusak.

"Untuk yang rumah, ruko, saya perintahkan menteri PU secepatnya diselesaikan agar fisik kebakaran segera hilang dari kota Wamena ini, jadi nggak ada psikologis bahwa ini pernah kejadian," ujar Jokowi.

"Baru nanti tahapan kedua mengembalikan kepercayaan kita semua bahwa Pegunungan Tengah, Kota Wamena, ini kota yang aman, saya 4 kali ke sini, penduduknya sangat ramah sekali, ketika kejadian, inilah tugas kita bersama untuk menyelesaikan," imbuh Jokowi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com