Jokowi Janjikan Pemekaran Wilayah di Pegunungan Tengah Papua

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 11:40 WIB
Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Wamena - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemekaran wilayah di seluruh Indonesia tengah dalam moratorium. Namun khusus untuk di wilayah Pegunungan Tengah, Papua, Jokowi memberikan pengecualian.

"Sebetulnya saya ngomong apa adanya. Sudah saya sampaikan sejak awal kita telah moratorium. Tidak ada pemekaran di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat menemui perwakilan tokoh masyarakat Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (28/10/2019).

Moratorium itu diterbitkan dengan alasan ada 183 usulan pemekaran wilayah yang menumpuk di meja kerja Jokowi. Kini tokoh masyarakat Papua yang ditemui Jokowi kembali mengusulkan pemekaran wilayah.




"Begitu dibuka satu yang lain pasti ngantre di depan kantor setiap hari. Tapi khusus untuk Pegunungan Tengah... jangan tepuk tangan dulu... akan saya tindaklanjuti," kata Jokowi.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Plt Kapolri Komjen Ari Dono.

"Ada 183 yang mengajukan di meja saya, tumpukannya mungkin 2 kali ini, baik provinsi, kabupaten dan kota. Ini menjadi PR saya setelah pulang dari sini," kata Jokowi.



Jokowi Bakal Aspal Jalan Pegunungan Arfak-Manokwari:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/dhn)