Blak-blakan Menteri Agama

Tiga Tokoh Ini Rekomendasikan Fachrul Razi Jadi Menteri

Sudrajat - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 11:28 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi (Montase Foto: Andhyka Akbariansyah)
Jakarta -

Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi mengungkapkan sejumlah tokoh yang merekomendasikan dirinya masuk Kabinet Indonesia Maju di bawah kendali Jokowi - KH Ma'ruf Amin. Jusuf Kalla (JK) saat masih menjadi wakil presiden adalah salah satunya.

Fachrul mengakui JK mengenal dirinya sejak masih di Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana ia pernah bertugas sebagai Asisten Operasi di Kodam VII Wirabuana dan Kepala Staf di Kodam yang sama. Selama bertugas di sanalah dia sering bertemu JK. Apalagi Fachrul biasa memberikan ceramah dan khotbah di masjid-masjid di Makassar.

"Jadi beliau paham banget tentang saya. Mungkin benar kalau beliau sebagai wapres ikut merekomendasikan saya ke Pak Jokowi," kata lelaki kelahiran Banda Aceh, 26 Juli 1947 itu.


Kegemaran Fachrul berceramah itu sudah dimulai sejak di Akademi Militer. Dia biasa memberikan pembinaan rohani islam kepada adik-adik angkatannya. "Ya kalau ada yang belum bisa salat atau baca Qur'an kita ajarkan," ujarnya. "Meskipun ya saya tidak sampai tingkat tinggi banget, karena tajdwid saya juga gak baik gitu ya," imbuhnya merendah.

Fachrul juga menolak disebut sebagai 'Jenderal Santri' seperti suka dilontarkan teman-teman dekatnya. Sebab dirinya tak pernah mendapatkan pendidikan di pesantren maupun lembaga pendidikan keagamaan Islam secara formal.

Selain JK, ia menyebut figur Luhut B. Panjaitan dan Wiranto sebagai pihak yang ikut merekomendasikan dirinya masuk kabinet. Dengan Luhut, selain teman seangkatan selama meniti karir di TNI, juga sama-sama aktif di kelompok relawan Jokowi, Bravo-5, sejak 2014. Fachrul juga tercatat sebagai Komisaris Holding Company pada PT Toba Sejahtera, perusahaan milik Luhut.


Dengan Wiranto, selain pernah menjadi wakil panglima TNI, Fachrul juga sebagai Ketua Tim Sukses Wiranto di Pilpres 2004. Dia antara lain dibantu
Letnan Jenderal (purnawirawan) Suaidy Marasabessy sebagai direktur strategi tim Wiranto.

Merujuk perjalanan karirnya selama 30 tahun di TNI dengan jabatan tertinggi wakil panglima, Fachrul mengaku sempat mengira dirinya akan mengisi pos Menko Polhukam. Tapi Presiden Jokowi upanya punya pertimbangan lain, dan menugasinya sebagai Menteri Agama. "Saya baru diberi tahu sebelum susunan cabinet resmi diumumkan oleh Presiden," ujarnya.



(jat/jat)