BEM SI Tak Ikut Demo ke Istana Hari Ini

BEM SI Tak Ikut Demo ke Istana Hari Ini

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 10:35 WIB
Foto ilustrasi: Suasana menjelang demonstrasi. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto ilustrasi: Suasana menjelang demonstrasi. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa bakal menggelar demonstrasi hari ini. Namun Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyatakan tak akan ikut serta dalam aksi itu.

"Dari aliansi BEM SI, tidak ada aksi hari ini," kata Ketua BEM SI Muhammad Nurdiansyah alias Dadan kepada wartawan, Senin (28/10/2019),



Sebelumnya, rencana demonstrasi hari ini telah dinyatakan oleh Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) dan Ketua Dewan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah.

Ketua BEM UI Manik Margamahendra menyebut demonstrasi hari ini sebagai aksi Gerakan Indonesia Memanggil. Aksi hari ini dinyatakannya diikuti oleh berbagai kampus, tapi tidak atas nama aliansi mahasiswa tertentu.



"Kami akan long march sampai depan Istana. Kami akan menyesuaikan dengan kondisi, besok," kata Manik, Minggu (27/10) kemarin.

Ketua Dewan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Sultan Rivandi, membuat tajuk demonstrasi 'PerppUIN: 28 Oktober 2019 Depan Istana Negara'. Para mahasiswa lintas universitas membawa tuntutan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu pencabut UU KPK dan mengusut tuntas kasus tewasnya demonstran.




Picu Demo Berkepanjangan, RUU Ekstradisi Akhirnya Dicabut:

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/fjp)