Tito Dampingi Jokowi ke Papua, Ini Suasana Upacara Sumpah Pemuda di Kemendagri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 09:18 WIB
Foto: Kemendagri gelar upacara Sumpah Pemuda (Rolando/detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dalam upacara ini, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menjadi inspektur upacara menggantikan Mendagti Tito Karnavian yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua.

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo membacakan sambutan Hari Sumpah Pemuda Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema 'Bersatu Kita Maju' dihadiri seluruh jajaran pegawai di Kemendagri.

"Hadirin peserta upacara yang saya hormati, Hari Sumpah Pemuda ke 91 kali ini mengambil tema 'Bersath Kita Maju'. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," kata Hadi, di Halaman Utama, Kemendagri, Senin (28/10/2019).


Era saat ini, dinilai perkembangan teknologi informasi sangat pesat dengan arus informasi yang cukup deras. Namun, dengan kecepatan arus informasi tersebut diharapkan kaum muda dapat menangkal radikalisme dengan pengetahuan dan karakter bangsa.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi yang memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk menigkatkan kapasitas pengetahuan di dalam pengembangan sumber daya serta daya saing," ujar Hadi.


"Namun, pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergauan bebas, sehingga radikalisme terorisme juga masuk dengan mudah apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," sambungnya.

Hadi pun menjabarkan ciri karakter pemuda bangsa yang tangguh. Ciri-ciri pemuda tangguh mulai dari berkarakter moral hingga mampu menuntaskan kerjanya.

"Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan berkinerja, pemuda yang berimana dan bertaqwa, bersinegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas," ucap Hadi.


Selain itu, pemuda juga harus memiliki kemampuan intelektual. Sehingga pemuda memiliki inovasi yang dapat menembus dunia internasional.

"Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skil kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan mumpuni, serta pemuda memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," imbuh Hadi.




Asik! Goyang Jokowi Saat Nikmati Senja di Kaimana:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/fdu)