Puncak Tetap Macet Saat Sistem 2-1, Ini Kata Pengamat

Puncak Tetap Macet Saat Sistem 2-1, Ini Kata Pengamat

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 08:20 WIB
Foto: Jalur Puncak macet saat uji coba sistem 2-1 (Sachril/detikcom)
Foto: Jalur Puncak macet saat uji coba sistem 2-1 (Sachril/detikcom)
Jakarta - Uji coba sistem 2-1 di Puncak, Bogor tetap membuat kemacetan. Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesi (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan permasalahan di Puncak berkutat pada dua hal yaitu kapasitas jalan yang tidak bertambah dan populasi kendaraan yang terus meningkat.

"Ini kan hanya soal manajemen saja. Mau dipilih yang mana. Kapasitas jalan tidak bertambah, populasi kendaraan yang lewat selalu bertambah dan tidak berkurang," kata Djoko kepada wartawan, Minggu (27/10/2019).


Djoko menuturkan pilihan untuk mengurangi macet adalah melakukan pengalihan arus atau membatasi kendaraan pribadi. Dia menuturkan sistem sebelumnya one way, awalnya bisa membantu, namun populasi kendaraan terus bertambah.

"Populasi kendaraan bertambah, kapasitas tidak. Pasti muncul masalah baru lagi seperti semula, kemacetan lagi," tuturnya.

Dia mengakui sudah ada upaya untuk mengurangi penggunaan pribadi melalui rute langsung Blok-Puncak. Meski demikian, ada masalah sosial di masyarakat setempat terkait bisnis lahan parkir yang terganggu akibat rute tersebut.

"Ada masalah sosial yang harus ditangani ketika nantinya makn banyak dibuka rute transportasi umum dari Jakarta ke puncak," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2