Tuntut Perppu KPK, Mahasiswa di Semarang Juga Gelar Aksi Hari Ini

Tuntut Perppu KPK, Mahasiswa di Semarang Juga Gelar Aksi Hari Ini

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 05:27 WIB
Foto: Dok. iStock
Foto: Dok. iStock
Jakarta - Koodinator BEM SI Jateng-DIY Fatih Fida mengatakan akan menggelar aksi untuk menuntut Perppu KPK hari ini. Fatih mengatakan mahasiswa lain juga akan menggelar aksi di masing-masing daerah.

"Jadi BEM SI Jateng DIY akan ada kawan di Semarang yang akan aksi di sana. Sementara arahannya kita gerakkan di daerahnya masing-masing," kata Fatih kepada wartawan, Minggu (27/10/2019) malam.


Fatih mengaku belum mengetahui pusat aksi. Dia mengatakan mahasiswa akan membawa tuntutan mengenai Perppu KPK dan isu-isu kedaerahan.

"Salah satunya (Perppu KPK) itu. Cuman ada juga isu-isu kedaerahan yang akan diangkat," tuturnya.

Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, mahasiswa dari sejumlah universitas di seputaran Jakarta berencana menggelar demonstrasi. Mereka membawa tuntutan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK.

"Besok kami akan turun aksi. Nama aksinya Gerakan Indonesia Memanggil," kata Ketua BEM Universitas Indonesia (UI), Manik Margamahendra, kepada wartawan, Minggu (27/10/2019).


Dia menjelaskan aksi unjuk rasa besok akan diikuti oleh mahasiswa berbagai universitas. Mereka tak membawa nama kampus secara khusus, melainkan bersama-sama melakukan demonstrasi, arak-arakan (long march) menuju Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Dia mengaku sudah menghubungi Universitas Bung Karno, Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma, dan beberapa universitas lainnya.

"Titik kumpul demonstrasi masih dipertimbangkan. Namun kami akan long march sampai depan Istana. Kami akan menyesuaikan dengan kondisi, besok," kata Manik sembari menyatakan sudah memberitahukan rencana aksi ke Polda Metro Jaya.




Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdu)