Saat Jokowi Menikmati Senja Bareng Iriana di Taman Kota Kaimana

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 22:44 WIB
Foto: Jokowi bersama Iriana menikmati senja (dok. Biro Setpres)
Foto: Jokowi bersama Iriana menikmati senja (dok. Biro Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja untuk meresmikan jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari. Di sela-sela kunjungan tersebut, Jokowi menikmati Taman Kota Senja bersama istrinya Iriana Jokowi di Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Kedatangan Jokowi disambut ribuan warga di Taman Kota Senja, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Minggu (27/10/2019) sore. Mereka menari seka, salah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi daerah Timika, Kaimana dan Fakfak.

Jokowi sendiri mengutip penggalan lagu yang dipopulerkan penyanyi Alfian pada tahun 1960-an. Lagu tersebut, menurut Jokowi, menggambarkan keindahan senja di Kaimana.
Saat Jokowi Menikmati Senja Bareng Iriana di Taman Kota KaimanaFoto: Jokowi menari bersama warga Papua (Instagram Jokowi)

"Kan ku ingat selalu, kan ku kenang selalu
Senja indah, senja di Kaimana,"

Begitu penggalan lirik lagu senja yang tertulis di situs resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi ditemani istrinya, Iriana pun larut dalam suasana dan turut menari. Momen tersebut juga dimanfaatkan warga untuk berfoto dan bersalaman bersama Jokowi.



Saat langit mulai memerah, Jokowi dan Iriana berjalan menuju tepi anjungan. Keduanya lantas duduk di sebuah kursi yang menghadap ke Laut Arafuru sambil menikmati kelapa muda.

"Berlatarkan matahari yang perlahan terbenam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana pun menikmati senja di Kaimana. Ditemani minuman kelapa muda, keduanya tampak menikmati momen indah tersebut sambil berbincang hangat," jelas Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, Jokowi berharap pembangunan jalan di sana jbisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang dengan lebih pesat. Menurut Jokowi, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah, seperti dua danau, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.

"Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu," papar Jokowi.

Selain infrastruktur jalan, Jokowi berkomitmen mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Jokowi menilai bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.

"Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airport yang ada di sini, sehingga semuanya terbuka. Masyarakat di sini bisa pergi ke mana pun dan airport adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk yang ada di sini untuk bisa lebih maju ke depan," jelas Jokowi.

(fdu/ibh)