detikNews
2019/10/27 21:49:22 WIB

Pemprov Sumut Berhasil Pulangkan Pekerja Migran Bawah Umur dari Malaysia

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Sumut Berhasil Pulangkan Pekerja Migran Bawah Umur dari Malaysia Foto: Pemprov Sumut memulangkan pekerja migran di bawah umur (dok Istimewa).
Medan - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berhasil memulangkan warganya yang merupakan pekerja migran bawah umur dari Penang, Malaysia. Korban bernama Sondang Rohana Agustina Pasaribu (15) yang bisa dijemput dan kemudian dipulangkan ke keluarganya.

Sondang dan tim penjemput dari Pemerintah Provinsi Sumut yang dipimpin Sekdaprov Sumut, Sabrina, tiba di Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Sumut pada Minggu (27/10/2019) sore. Seterusnya Sondang diserahkan kepada utusan Pemerintah Kabupaten Karo dan keluarga yang menunggu di sana.

"Ini jadi satu pembelajaran bagi kita terutama pemerintah daerah, aparat serta keluarga," kata Sabrina di Kualanamu saat serah terima Sondang.


Kepada keluarga korban, Sabrina berpesan, agar berhati-hati menerima tawaran kerja di luar negeri. Apalagi Sondang masih di bawah umur. Sondang juga tidak diperkenankan masuk ke Malaysia hingga 5 tahun ke depan karena masalah ini.

Sebelumnya tim Pemprov mengupayakan kepulangan Sondang dari Penang, Malaysia atas instruksi Gubernur Edy Rahmayadi. Sabrina mengatakan tim telah menyelesaikan persoalan mengenai paspor dan hak-hak Sondang.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com