Jajal Motor Listrik, Anies: Nyaman dan Tak Ada Polusi Udara

Jajal Motor Listrik, Anies: Nyaman dan Tak Ada Polusi Udara

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 17:05 WIB
Anies memimpin konvoi Karnaval Langit Biru. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Anies memimpin konvoi Karnaval Langit Biru. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut konvoi Jakarta Langit Biru dengan menaiki motor listrik. Anies menyebut motor listrik nyaman dinaiki.

"Sepanjang perjalanan itu menggunakan kendaraan bermotor roda dua berbasis listrik itu nyaman sekali, tidak ada suara, tidak ada polusi udara," ujar Anies di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (27/10/2019).



Anies mengatakan, ketika kendaraan berhenti, tidak ada energi yang dikeluarkan. Baik dinaiki sendiri maupun berboncengan, sebut Anies, motor listrik tetap aman dan nyaman.

"Karena pada saat berhenti tidak ada energi yang dipakai, jadi memang pemanfaatan energinya itu sangat baik. Dari sisi kenyamanan, bagi kita yang jalan sendiri atau berboncengan juga sama. Jadi tadi kita uji coba terasa nyaman. Bayangkan apabila lebih banyak lagi kendaraan yang tidak mengeluarkan polusi udara," ujar Anies.

Jajal Motor Listrik, Anies: Nyaman dan Tak Ada Polusi UdaraFoto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Sebelumnya, karnaval Jakarta Langit Biru bertujuan untuk kampanye kendaraan ramah lingkungan dalam mengatasi masalah polusi udara. Hal ini sesuai dalam instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Karnaval Jakarta Langit Biru.



Anies menaiki motor listrik berwarna putih. Motor tersebut berpelat nomor B-6876-SXZ. Pada motor yang dinaiki Anies terdapat tulisan 'GESITS' di bagian depan motor. Anies juga mengenakan helm berwarna biru.

Anies mengendarai motor listrik mulai dari Patung Pemuda, Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, hingga Bundaran HI. Kemudian rombongan konvoi putar balik kembali ke Patung Pemuda.

Selain motor listrik, peserta konvoi lainnya menaiki kendaraan bebas emisi lainnya, di antaranya mobil listrik, skuter, dan bus listrik. (isa/imk)