detikNews
Minggu 27 Oktober 2019, 15:26 WIB

Jalur Puncak One Way Lagi, Kemenhub Sebut Sistem 2-1 Perlu Diperbaiki

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jalur Puncak One Way Lagi, Kemenhub Sebut Sistem 2-1 Perlu Diperbaiki Kemacetan di Jalur Puncak (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta - Uji coba sistem 2-1 di Jalan Raya Puncak dituntaskan karena kemacetan malah menjadi-jadi. Akhirnya sistem satu arah atau one way kembali diberlakukan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdar Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan PKL di bahu jalan di Pasar Cisarua menjadi salah satu persoalannya. Selain itu, lokasi parkir liar menjadi persoalan lain.

"Di pasarlah yang banyak persoalannya. PKL yang mengambil bahu jalan, parkir yang juga mengambil bahu jalan, orang yang menyeberang juga banyak," kata Budi di simpang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (27/10/2019).




Banyaknya kendaraan yang keluar-masuk di Pasar Cisarua juga menjadi masalah. Situasi di simpang Megamendung juga tidak jauh berbeda.

"Itu cukup banyak volumenya (kendaraan), menghambat juga. Jadi khusus di dua lokasi ini, saya minta nanti dirapatkan Bupati Bogor," lanjut Budi.

Untuk itu, dia berharap Pemkab Bogor mengevaluasi sistem tersebut. Nantinya sistem 2-1 ini akan diuji coba lagi pada Minggu, 3 November 2019.

"Sebelum tanggal 3 Oktober, saya minta minimal penataan pedagang, penataan parkir, dan akses keluar-masuk jalan," kata Budi.




Untuk Jalan Raya Puncak yang masih diperlebar, kata Budi, harus diselesaikan. Pemkab Bogor harus mengundang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ketika melakukan evaluasi dari sistem 2-1 yang diuji coba ini. Kementerian PUPR pun, lanjut Budi, juga harus dilibatkan ketika sistem 2-1 diuji coba untuk kedua kalinya.

"Rapat minggu depan, yang tempatnya di Kabupaten Bogor, kalau bisa melibatkan PUPR, jangan sampai dilupakan. Pada saat nanti uji coba kedua, juga teman PUPR harus ada," pungkas dia.
(dhn/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com