detikNews
2019/10/27 14:34:10 WIB

Sistem 2-1 Bikin Macet hingga Cianjur, Jalur Puncak Kembali One Way

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sistem 2-1 Bikin Macet hingga Cianjur, Jalur Puncak Kembali One Way One way kembali diberlakukan di Puncak, Minggu (27/10). (Sachril/detikcom)
Bogor - Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, diberlakukan satu arah (one way) ke bawah (Puncak Pas-Ciawi). Sistem 2-1 yang diuji coba membuat kemacetan memanjang hingga Cianjur.

KBO Lantas Polres Bogor Iptu Vino Lestari mengatakan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak padat. Kendaraan dari Cianjur yang menuju Ciawi masih memadati Jalan Raya Puncak.

Sistem 2-1 Bikin Macet hingga Cianjur, Jalur Puncak Kembali One WayOne way kembali diberlakukan di Puncak, Minggu (27/10). (Sachril/detikcom)


Karena antrean kendaraan memanjang sampai Cianjur, kata Vino, dilakukan penerapan sistem one way.

"Hasil pantauan dari kami kepolisian, BPTJ, dan Forkopimda, baik Bupati maupun kepolisian, kami melihat eskalasi arus cukup meningkat. Kiriman arus dari Cianjur cukup padat. Sampai pukul 13.00 WIB, kami pantau antrean sudah tembus Cianjur," kata Vino di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (27/10/2019).



Dia menjelaskan, BPTJ dan polisi pun sepakat dilakukan sistem one way. Hal ini dilakukan agar kendaraan dari Puncak Pas ke Ciawi tidak semakin padat.

"Dari simpang Taman Safari Indonesia sampai ke Pasar Cisarua membutuhkan waktu kurang-lebih 1 jam untuk jarak 1 kilometer lebih. Kemudian dipantau Forkopimda dan Muspida, bahwa dengan sistem 2-1 ini, pergerakan arah bawah tidak terlalu maksimal," tutur Vino.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com