Uji Coba Sistem 2-1, Tak Semua Jalur ke Puncak Bisa 3 Lajur

Uji Coba Sistem 2-1, Tak Semua Jalur ke Puncak Bisa 3 Lajur

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 08:32 WIB
Foto: Uji coba sistem 2-1 di Jalur Puncak (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Uji coba sistem 2-1 di Jalur Puncak (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor sedang diuji coba sistem 2-1. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan tidak semua ruas jalan bisa dijadikan tiga lajur.

Dia mengatakan, luas atau besar Jalan Raya Puncak tidak sama atau homogen. "Jadi ada beberapa ruas jalan yang hanya dipasang satu lapis traffic cone saja," kata Fadli, di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (27/10/2019).

Meski ada beberapa ruas jalan yang dipasang satu lapis cone saja, Fadli mengungkapkan kendaraan masih bisa melaju dua arah. Meski demikian, AKP Fadli belum bisa menyebutkan titik-titik mana yang tidak bisa diterapkan 3 lajur.


"Karena kalau kita pasang tiga lapis traffic cone, malah nanti dia membuat sedikit jarak yang tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal. Untuk traffic cone, sudah terpasang semua dari Gadog sampai Taman Safari Indonesia," lanjut dia.

Fadli mengatakan, arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sedikit padat di beberapa titik. Namun hal itu, lanjutnya, tidak menyebabkan hambatan yang berarti.

Untuk personel, kata Fadli, ada sekitar 350-400 petugas gabungan yang diturunkan guna mengatur lalu lintas. Pada penerapan uji coba sistem 2-1 ini, lanjutnya, kendaraan tetap bisa memutar balik. Ada 7 putaran balik yang dibuat agar lalu lintas tidak tersendat.


"Kalau untuk putar balik yang besar itu ada 7 titik. Namun personel sudah disebar, kalau pengendara ingin putar balik, pasti kita fasilitasi. Dengan catatan, bila masyarakat ingin putar balik, sebaiknya di sisi ruas jalan yang lebar. Maksudnya di kanan atau kiri jalan, ada seperti rest area. Sehingga, kendaraan tidak perlu maju atau mundur lagi yang bisa mengakibatkan hambatan tersendiri," bebernya.

Terpantau di sekitaran Simpang Gadog, arus lalu lintas dari Exit Tol Ciawi menuju Puncak Pass, sedikit macet. Kendaraan dari ruas jalan ini cukup padat. Sementara dari arah Cisarua menuju Ciawi atau ke bawah ramai lancar.

Terlihat pula beberapa petugas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan polisi, melakukan sosialisasi. Poster yang dipegang ini bertuliskan 'Save Puncak', 'Cimory Taman Safari Gunung Mas Rindu Alam Riung Gunung, Ambil Lajur Kanan', dan '2 Lajur Arah Puncak'. (gbr/gbr)