Apakah SJW Sama Seperti Orang Pansos Via Medsos?

SJW di Medsos

Apakah SJW Sama Seperti Orang Pansos Via Medsos?

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 17:50 WIB
Foto ilustrasi (Thinkstock)
Foto ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Akun-akun di media sosial yang getol mengkritik kondisi sosial kini mulai diolok-olok sebagai social justice warrior (SJW). Kaum SJW dinilai punya persamaan dengan orang-orang yang berusaha melakukan panjat sosial alias 'pansos' via media sosial.

Menurut kamus daring Oxford yang diakses detikcom pada Sabtu (26/10/2019), social justice warrior adalah 'seseorang yang mengemukakan atau mempromosikan pandangan sosial yang progresif'.

Secara umum, progresif adalah sikap bertolak belakang dengan konservatif. Definisi dari kamus daring Oxford terdengar baik-baik saja, tapi sayangnya 'social justice warrior' digolongkan sebagai kata yang 'derogatory' atau 'menghina/merendahkan'. Itu memang sesuai dengan fakta penggunaannya di media sosial, termasuk di Indonesia dewasa ini.



Pemerhati budaya dan komunikasi digital dari LITEROS.org, Firman Kurniawan S, menjelaskan olok-olok terhadap SJW diutarakan oleh pihak yang muak berdebat dengan akun pembela keadilan sosial, HAM, hak-hak sipil, feminisme, hingga isu lingkungan hidup. Mereka menganggap para SJW berpura-pura sebagai pembela kaum tertindas supaya mendapat citra baik saja.

"Individu ini mengulang-ulang bagian yang populer atau memperoleh komentar yang bakal menaikkannya sebagai pejuang sosial. Ini akan mengganjarnya popularitas diri. Individu ini sangat yakin untuk mengadopsi hal-hal yang dianggap benar oleh lingkaran sosialnya," kata Firman Kurniawan, yang juga doktor dari Universitas Indonesia.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3