Apresiasi PSI, Wakil Menteri Surya Tjandra Siap Benahi Agraria

Ferdinan - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 13:15 WIB
Wakil Menteri ATR Surya Tjandra (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN. Surya Tjandra menyebut kepercayaan Jokowi memilih dirinya sebagai tantangan untuk bekerja keras.

"Pak Jokowi memberi tugas khusus pada saya untuk mencari solusi terbaik dari konflik agraria yang masih kerap terjadi di berbagai tempat di negeri ini. Sebuah tugas besar, yang untungnya memang bidang yang saya dalami selama ini," kata Surya Tjandra dikutip dari laman PSI, Sabtu (26/10/2019).

Usai dilantik, Jumat (25/10) kemarin, Surya Tjandra diajak Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil berkenalan dengan jajaran kementerian. Surya Tjandra juga mendapatkan pengarahan dan orientasi mengenai tugas dan persoalan yang harus diselesaikan lewat Kementerian ATR.





"Pak Menteri meminta secara khusus saya membantu dan terlibat di dalam proses digitalisasi pelayanan serta pembangunan manajemen pengetahuan melalui pembangunan sistem 'big data' yang sedang dalam proses. Yang tentu dengan senang hati saya terima," katanya.

"Saya akan berupaya mendengar dan memahami semuanya dan sedikit-sedikit mulai sama-sama mencari solusinya yang terbaik. Ini kerja panjang yang niscaya akan butuh waktu," imbuh Surya.

Dalam tulisannya, Surya Tjandra juga mengapresiasi PSI yang mengutus dirinya masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju.




"Tanpa PSI, belum tentu orang seperti saya, orang dengan disabilitas dan latar belakang keluarga biasa saja, yang harus berjuang sekadar untuk bisa sekolah, meski cukup beruntung bisa mendapat beasiswa hingga ke luar negeri, akhirnya bisa punya kesempatan mengabdi pada negeri ini sejauh ini," tuturnya.

Terkait tugas barunya di kabinet ini, Surya Tjandra mengaku beruntung karena sudah lama berkecimpung di bidang advokasi masyarakat. Dia juga sudah menerima masukan dari sejumlah pihak untuk pengembangan sistem agraria dan tata ruang plus pertanahan.




Simak juga video Sambut Surya Tjandra Jadi Wakilnya, Sofyan: Kita Banyak Kesamaan:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)