Tiba di Kediaman, JK Disambut Warga dengan Tradisi Makassar Angngaru

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 09:21 WIB
Foto: Jusuf Kalla tiba di Makassar (Noval-detikcom)
Makassar - Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla (JK) tiba di kediamannya di Makassar. JK disambut warga dengan tradisi masyarakat Makassar Angngaru.

JK beserta istri, Mufidah Jusuf Kalla tiba di kediamannya di Jalan Haji Bau, Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (26/10/2019). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah hingga tokoh Sulsel Aksa Mahmud turut mendampingi JK dari Bandara Sultan Hasanuddin.

Sementara itu Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama sejumlah warga menunggu JK di depan kediaman.



Iring-iringan rombongan JK tiba di kediaman sekitar pukul 09.20 WIB. JK turun dari kendaraan dan langsung disambut warga yang membuat berbaris di pinggir jalan.

JK bersama Mufidah kemudian berhenti untuk menerima sambutan tradisi Angngaru. Angngaru artinya sumpah atau ikrar yang diucapkan abdi raja atau rakyat kepada rajanya.



Tradisi ini merupakan budaya dari masyarakat suku Makassar. Prajurit kerjaan Gowa zaman dulu sebelum berangkat perang terlebih dahulu harus mengucapkan sumpah setia (Angngaru) di depan Raja atau yang disebut Sombayya.

Seorang yang melakukan sumpah aru (sumpah setia/Angngaru) melakukannya dengan berlutut di hadapan raja dan posisi badan yang tegap. Dia lalu mengucapkan sumpahnya sambil tangan kanan memegang badik.




Simak juga video Nadiem Jadi Menteri, JK: Dunia Usaha Beda dengan Pemerintah:

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/haf)