MPR-Pemkab Banyumas Sosialisasikan 4 Pilar Lewat Wayang Kulit

Uji Sukma Medianti - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 09:20 WIB
Foto: MPR RI
Jakarta - Sekretariat Jenderal MPR RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Acara tersebut digelar dalam rangka mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pertunjukkan wayang kulit yang didalangi oleh Ki Gandhik Wayah Soegino dan Sinden Agnes Serfozo, Eni Lestari serta Pelawak Bodong ini menampilkan lakon 'Mamayu Hayuning Bawana Ambrastha Dur Angkara Murka'.

Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah saat memberi sambutan sebagai panitia pelaksana mengungkapkan, MPR memilih seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi karena di dalam seni budaya tradisional ini, mengandung filosofi yang berisi tuntunan dan panutan, selain sebagai hiburan, ujarnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan, dalam memasyarakatkan Empat Pilar, MPR menggunakan berbagai metode. "Selain untuk Sosialisasi MPR juga ikut melestarikan seni budaya daerah serta memperkuat rasa gotong royong sebagai implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar MPR yang sudah terbangun selama ini," tuturnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/10/2019).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menyampaikan pagelaran wayang kulit adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar. Dia berharap dengan sosialisasi Empat Pilar MPR RI masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Indonesia bukan hanya bicara negara tapi juga bicara karateristik bangsa Indonesia, dan mari kita bersama merawat Indonesia dengan memahami Empat Pilar MPR 'Sosialisasi melalui seni wayang ini penting untuk merawat jati diri bangsa serta mengangkat kearifan lokal," ujarnya.


Bupati Banyumas yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Edy Prabowo dalam sambutan tertulisnya menyatakan, sosialisasi melalui wayang sangat strategis. Apalagi masyarakat Banyumas sangat menyenangi kesenian wayang.

"Mudah-mudahan pagelaran wayang Empat Pilar ini membuat masyarakat Banyumas semakin memahami makna Empat Pilar," ujarnya.

Sosok lakon pun diserahkan secara simbolis oleh Ma'ruf Cahyono didampingi Siti Fauziah, Muhamad Jaya, Edy Prabowo, Budi Setiawan, Anggota DPRD, Kapolres, Kapolsek, Dandim, Danramil, Camat Sumbang kepada dalang Ki Gandhik Wayah Soegino sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit Empat Pilar.




Simak video Bamsoet ke Menteri Terpilih: Kerja Lebih Keras Agar Presiden Tak Dikritik:

[Gambas:Video 20detik]



(ujm/ujm)