Mahasiswa IPB Raih Penghargaan Simposium Internasional di China

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 09:11 WIB
Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id
Jakarta - Sebanyak 11 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University berkesempatan mempresentasikan hasil karya mereka dalam The 26th Tri-U International Joint Seminar and Symposium di Jiangsu University China. Dua di antaranya berhasil meraih penghargaan dalam simposium yang digelar pada 20-25 Oktober 2019 itu.

"Dua mahasiswa IPB berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Best Presenter dan Founder Award. Mahasiswa IPB tersebut adalah Sanhaji dengan judul paper (STM-01) Sulphur Transporting Machine: Harvesting potential energy into electrical energy, serta Khalisah Rahma Safira dengan judul paper Rice Starch-based Film Incorporated with Zinc Oxide Nanoparticles," kata Rektor IPB University Arif Satria dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/10/2019).

Tri-U merupakan suatu konsorsium yang terdiri atas 13 perguruan tinggi dan IPB University menjadi salah satu anggotanya. Ada lima topik yang dibahas, yaitu soal populasi, pangan, energi, lingkungan, dan inisiatif satu sabuk satu jalan.

Seminar dan Simposium Tri-U ke-26 dibuka oleh Presiden Jiangsu University Prof Yan Xiaohong. Selain berkompetisi, mahasiswa juga memiliki kegiatan grup lokakarya untuk memecahkan beberapa masalah yang sesuai dengan lima topik di tersebut.

Seminar dan simposium Tri-U dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada 103 mahasiswa peneliti muda dari 13 Universitas di lima negara untuk melakukan berdiskusi dan bertukar pikiran yang berguna bagi pengembangan pada kelima topik tersebut di masa mendatang. Sementara itu, tiga peneliti IPB juga berpartisipasi sebagai juri di ajang yang sama.

"Tiga peneliti IPB, yaitu Dr Sinto Wahyuning Ardie, Dr Eko Hari Purnomo, dan Dr Titi Chandra juga mendapat kepercayan sebagai Tim Juri untuk menilai presenter terbaik," pungkasnya. (azr/knv)