ADVERTISEMENT

Round-Up

Penyebab Pasti Jatuhnya Lion Air di Laut Karawang

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 07:16 WIB
Mesin pesawat Lion Air PK-LQP (Foto: Pradita Utama)

KNKT Beri Rekomendasi

Setelah melakukan investigasi, KNKT memberikan sejumlah rekomendasi. Ada tiga rekomendasi bagi Lion Air, enam rekomendasi bagi Boeing, hingga delapan rekomendasi untuk Federal Aviation Administration (FAA). Ada juga rekomendasi untuk airnav hingga Dirjen Perhubungan Udara.

"Rekomendasi ke Lion Air terkait dengan manajemen tentang manual dan pengelolaan masalah yang berulang," tutur Nurcahyo.

"Kemudian di Boeing terkait asumsi yang mereka gunakan, terkait asesmen terhadap suatu desain baru. Ini rekomendasi yang kami sampaikan," sambungnya.


Nurcahyo mengatakan Dirjen Perhubungan Udara juga diminta memperbaiki sistem pengawasan operator pesawat. Tidak hanya itu, dia juga meminta Dirjen Perhubungan Udara meningkatkan kualitas bengkel perawatan pesawat.

KNKT juga merekomendasikan FAA mengubah regulasi terkait desain pesawat. Komite juga memberi airnav rekomendasi terkait perubahan manual dalam kondisi darurat.

FDR Lion Air PK-LQP / FDR Lion Air PK-LQP / Foto: Pradita Utama


Keluarga Korban Tak Puas

Meski hasil investigasi sudah diumumkan, keluarga korban kecelakaan Lion Air PK-LQP tidak puas. Keluarga pesimis hasil investigasi ini bisa membuat pihak Lion Air dan Boeing berbenah.

"Dari awal sampai hari ini tidak ada kepuasan. Sangat tidak ngefek ke operator," kata Anton Sahala, juru bicara keluarga korban atas nama Muhammad Rafi Ardian (24) dan Rian Ariandi (24), kepada wartawan.



Anton mengemukakan, sistem pendukung yang dikembangkan Boeing selaku pabrikan pesawat tidak tepat. Sistem itu bernama Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS), semacam sistem anti-stall. Fitur baru itu menyebabkan Lion Air celaka. Anton sulit mengemukakan harapan untuk penyelesaian kasus jatuhnya Lion Air.

"Bingung juga kami menaruh harapan ke siapa, ke Lion Air atau pemerintah, karena dua-duanya 'tidak hadir'," kata Anton.

Keluarga tabur bunga di lokasi Lion Air jatuh / Keluarga tabur bunga di lokasi Lion Air jatuh / Foto: Grandyos Zafna

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT