detikNews
2019/10/25 19:50:28 WIB

Divonis Bebas di Kasus Illegal Logging, Eks Cabup Tapteng Keluar dari Lapas

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
Halaman 1 dari 3
Divonis Bebas di Kasus Illegal Logging, Eks Cabup Tapteng Keluar dari Lapas Jusman Nainggolan (kanan). (Abdi Somat/detikcom)
Sibolga - Upaya peninjauan kembali eks calon Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Jusman Nainggolan membuahkan hasil. Mahkamah Agung memvonis bebas Jusman di kasus illegal logging.

Hal tersebut diungkapkan kuasa hukum Jusman, Parlaungan Silalahi. Dia mengatakan putusan peninjauan kembali (PK) ini juga membuat kliennya keluar dari Lapas Sibolga karena Jusman terbukti tidak bersalah.

Putusan PK itu teregister dengan nomor 250 PK/Pid.Sus/2019. Amar putusan itu diketok oleh majelis hakim PK yang diketuai oleh Prof Dr Surya Jaya dengan anggota Dr Eddy Army dan Dr Desnayeti, tertanggal 25 September 2019.



"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Mahkamah Agung yang sangat responsif dengan PK yang kami ajukan. Dan mereka dapat menilai dengan objektif, karena memang klien saya tidak bersalah. Dan hasilnya, hari ini klien saya Jusman Nainggolan sudah bebas dari Lapas Sibolga sesuai dengan perintah putusan dari Mahkamah Agung," ujar Parlaungan di Lapas Sibolga, Sumut, Jumat (25/10/2019).

Jusman baru bisa meninggalkan Lapas Sibolga sekitar pukul 15.00 WIB. Menurut Parlaungan, bebasnya Jusman harus menjadi bahan introspeksi para penegak hukum.

"Ini menjadi pembelajaran bagi lembaga-lembaga yang terkait agar jangan terulang kembali. Karena klien saya tidak bersalah tetapi masih ditahan. Saya selaku penasihat hukumnya merasa prihatin atas kondisi ini," tuturnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com