detikNews
2019/10/25 17:18:13 WIB

KSP: Keseimbangan Etnis-Agama Juga Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Wamen

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
KSP: Keseimbangan Etnis-Agama Juga Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Wamen Moeldoko ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk 12 wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan keseimbangan etnis dan agama menjadi salah satu pertimbangan Jokowi.

"Ada yang seperti Pak Erick melihat beban kerjanya seperti itu akhirnya minta ada 3 tapi baru 2 kan yang dipenuhi. Tapi juga presiden juga pertimbangan bagaimana melihat satu, atas pertimbangan kapasitas organisasi yang harus ditingkatkan. Kedua, dalam rangka pencapaian target. Menjaga keseimbangan antar-satu etnis agama dan seterusnya itu juga menjadi pertimbangan," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).


Jadi, apakah komposisi kabinet sudah memenuhi keseimbangan antarsuku yang dimaksud Jokowi? "Ya sepertinya. Tapi ini kan dinamis," jawab Moeldoko.

Meski demikian, Moeldoko mengatakan pertimbangan utama Jokowi tetap untuk percepatan kerja di kementerian. Terkait adanya menteri yang belum mendapat wamen seperti Menteri ESDM dan Mendikbud Dikti, Moeldoko menuturkan masih menunggu perkembangan yang ada.

"Ya ini kan kita lihat perkembangannya tapi intinya kenapa kok banyak. Namanya aja udah kabinet kerja Indonesia Maju kalau orang mau maju kan high speed kan. Jadi perintah presiden harus kerja keras kerja cepat maka memang perlu ada backup dengan kapasitas yang ada ini. Ditambah lagi sehingga nanti capaian yang diharapkan mungkin bisa lebih cepat," tutur Moeldoko.


Moeldoko masih belum memastikan terkait adanya perombakan kembali posisi di wamen. "Saya tidak mengatakan itu, tapi nanti kita lihat perkembangannya," paparnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com