Angela Tanoesoedibjo Jadi Wamen Pariwisata, Ini Sepak Terjang Sebelumnya

Niken Widya Yunita - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 16:54 WIB
Angela Tanoesoedibjo, Wamen Pariwisata (Dok. Pribadi)
Jakarta - Angela Tanoesoedibjo dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Seperti apa sepak terjang Angela yang disebut Jokowi pintar berpromosi ini?

Publik dikejutkan oleh masuknya Angela ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Dari nama di belakangnya, dia merupakan putri pengusaha Hary Tanoesoedibjo.

Hary Tanoesoedibjo merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan bos MNC Group. Perindo merupakan salah satu partai pendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

Berikut ini sepak terjang Angela Tanoesoedibjo:


1. Anak Sulung Hary Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo merupakan anak sulung Hary Tanoesoedibjo. Hary Tanoesoedibjo memiliki 5 anak. Saat ini Angela berumur 32 tahun.

2. Pendidikan

Wanita kelahiran Ottawa ini menyelesaikan Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada 2008. Dia juga mendapat gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada 2010.

3. Wasekjen Perindo

Profil Angela berikutnya adalah dia dipercaya menjabat Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Perindo. Dia juga pernah maju sebagai caleg di Pileg 2019 dari Partai Perindo, Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Namun dia gagal lolos ke Senayan karena perolehan suara Partai Perindo tak mencapai ambang batas parlemen.

4. Kelola Bisnis Hary Tanoesoedibjo

Wanita yang memiliki Instagram @angelatanoesoedibjo ini merupakan Managing Director RCTI, Director MNC Media, Global TV Managing Director Global TV (Global TV kini menjadi GTV), dan Director Megah Group. Dia juga merupakan Director PT MNIE yang mengeluarkan HighEnd Magazine, HET Magazine, dan Network! Magazine. Dia juga pernah menjabat Co-Head MNC Channels & Content MNC Group.


5. Punya Suami Pengusaha

Suami Angela bernama Michael Dharmajaya. Keduanya menikah pada 2012 di kapel Uluwatu, Bali, dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi milik Hary Tanoeseodibjo.

Siapa Michael Dharmajaya? Dia menjabat direktur di PT Nusadua Graha International dan PT Lido Sarana Prima dan MNC Land Tbk. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai dua anak.

6. Jadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Angela Tanoesoedibjo baru saja dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia dilantik bersama 11 wakil menteri lainnya di Istana.

Jokowi menaruh harapan pada Angela. "Angela Tanoesoedibjo, masih muda, pengusaha yang berpengalaman di bidang media, pintar dalam promosi, sehingga diberi kepercayaan sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi.

Angela terlihat cukup pede dengan penunjukannya itu. Dia mengagumi sosok Wishnutama dan tidak sabar ingin bekerja dengan Wishnutama.

"Saya tidak sabar (ingin) bekerja sama dengan Pak Wishnutama," katanya. (nwy/erd)