Penyandang Disablitas Apresiasi Jokowi Pilih Surya Tjandra Jadi Wamen ATR

Penyandang Disablitas Apresiasi Jokowi Pilih Surya Tjandra Jadi Wamen ATR

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 14:52 WIB
Foto: Surya Tjandra (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Surya Tjandra (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Surya Tjandra menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Ketua Umum Yayasan Disabilitas Mandiri Indonesia (YDMI) Subandi H Bonmat mengapresiasi soal pemilihan Surya Tjandra.

"Sangat apresiasi, karena selama ini kan sangat minim difabel di pejabat kementerian sangat minim," kata Subandi kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).


Subandi berharap, dengan terpilihnya Surya Tjandra, akses bagi kaum disabilitas akan semakin baik. Dia menilai belum banyak kementerian yang memiliki akses yang baik bagi disabilitas.

"Karena dengan adanya pejabat disabilitas nanti dengan sendirinya infrastruktur publik akan jadi sorotan juga. Terutama yang pakai kursi roda, hanya Kementerian Sosial yang bagus infrastrukturnya yang saya tahu," ujar Subandi.


Selain itu, Subandi mengatakan adanya bantuan bagi disabilitas. Dia mengatakan akses pekerjaan dan pendidikan harus diperhatikan bagi pemerintah.

"Penyandang disabilitas itu kesejahteraannya. Apa pun yang kita berikan berupa alat bantu, pelatihan, keterampilan, bermuara pada kesejahteraannya. Seperti lapangan pekerjaan," tuturnya.


Sebelumnya, politikus PSI Surya Tjandra ditunjuk Jokowi menjadi Wamen ATR/BPN. Dia akan membantu Menteri Sofyan Djalil membenahi konflik agraria.

"Barusan diminta oleh Pak Jokowi untuk membantu Menteri Agraria dan Tata Ruang," kata Surya kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta.


(fdu/imk)