ADVERTISEMENT

Profil Surya Tjandra, Politisi PSI Calon Wamen ATR/BPN

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 11:52 WIB
Surya Tjandra (Andhika/detikcom)

Dia merupakan lulusan SMA Negeri 68, Jakarta Pusat, dan selanjutnya diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Surya kemudian mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di bidang hukum untuk program S2 (di Universitas Warwick, Inggris) dan program S3 (di Universitas Leiden, Belanda).

Setelah lulus kuliah, Surya bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, LSM yang menyediakan bantuan hukum bagi rakyat miskin dan buta hukum. Di lembaga ini, Surya mengolah keterampilannya dalam hal hukum, baik litigasi maupun non-litigasi, ketika hukum bisa menjadi alat pembelaan sekaligus pemberdayaan rakyat miskin dan buta hukum.


Surya juga pernah terlibat di dalam Komite Aksi Jaminan Sosial, aliansi besar gerakan sosial yang terdiri atas serikat buruh, tani, nelayan, mahasiswa, LSM, dan lain-lain, untuk mengajukan gugatan terhadap pemerintah ke pengadilan terkait kelalaian pemerintah untuk melaksanakan perintah UU No 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN). Lantas, pada 2015, Surya mencalonkan diri sebagai komisioner KPK. Namun sayangnya ia tak terpilih. Kini dia bekerja sebagai dosen di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.


(dnu/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT