Kabinet Jokowi Gemuk, Perbedaan Pendapat Dinilai Bisa Jadi Kendala

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 09:39 WIB
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyelesaikan format wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai kabinet Indonesia Maju akan 'gemuk'.

"Kabinet akan gemuk sekali, Pak Jokowi mengorchestrakannya itu lho, pasti butuh tenaga dan upaya lebih besar. Kalau kabinet ramping enak ngaturnya, kalau gendut gini sering-sering rapat koordinasi," kata Satrio kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).



Hal positif banyaknya wamen, menurut Hendri program pembangunan yang dicanangkan pemerintah akan cepat selesai. Sedangkan hal negatif, ia menyebut akan sering terjadi perbedaan pendapat nantinya.

"Positif harusnya nanti hasil pembangunan lebih baik dan cepat selesai, negatif adalah akan sering terjadi perbedaan pendapat nantinya. Kemudian pasti butuh waktu koordinasi dengan dirjen-dirjen di bawahnya, tumpang tindih dan lain-lain," ucap dia.

"Yang jelas makin banyak pejabat harus disediakan oleh negara lebih besar biayanya buat fasilitas dan tunjangan," imbuh dia.




Selanjutnya
Halaman
1 2 3