ADVERTISEMENT

Round-Up

Gebrakan Hak Veto untuk Menko

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 21:13 WIB
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran menterinya (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Arahan awal seorang Joko Widodo (Jokowi) pada jajaran menterinya diungkapkan dalam sidang kabinet perdana. Salah satunya mengenai hak veto.

Secara sederhana, hak veto dapat diartikan sebagai intervensi terhadap suatu keputusan. Mahfud Md sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) membeberkan mengenai hak veto tersebut.

"Menko itu bisa memveto. Menko bisa memveto kebijakan atau peraturan-peraturan menteri yang dianggap bertentangan dengan kebijakan menteri lain, bertentangan dengan visi Presiden dan yang lainnya," kata Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10/2019).




Bila dirunut sehari sebelumnya ketika mengumumkan jajaran menterinya, Jokowi turut menyelipkan satu perintahnya yaitu soal visi misi presiden-wakil presiden. Jokowi secara jelas menyampaikan agar tidak ada dalam jajaran kabinetnya ini yang melangkah sendiri melewati garis batas yang telah ditetapkan presiden-wakil presiden.

"Tidak ada visi misi menteri. yang ada hanya visi misi presiden dan wakil presiden," kata Jokowi pada Rabu, 23 Oktober kemarin.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT