Round-Up

Jokowi Ungkap Kelemahan Kabinet Kerja, Demi Indonesia Maju

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 20:30 WIB
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih menteri-menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju untuk membantu tugasnya sebagai presiden. Jokowi mengingatkan agar para menteri di Kabinet Indonesia Maju tak mengulangi kelemahan para menteri Kabinet Kerja.

Kelemahan Kabinet Kerja itu diungkap Jokowi saat memimpin sidang kabinet pertama di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). Hal pertama yang ditekankan Jokowi adalah soal kerja sama tim dalam kabinetnya.

"Kerja kita adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri, bukan kerja sektoral. Ini adalah membangun negara besar, nggak mungkin menteri kerja sendiri-sendiri. Kerja tim yang dikoordinasi oleh para menko," kata Jokowi.



Dia meminta para menteri di Kabinet Indonesia Maju tidak punya visi-misi sendiri. Menurutnya, pada kabinet yang lalu ada dua orang menteri yang tak memahami larangannya tersebut.

"Dalam 5 tahun yang lalu ada satu dua menteri yang masih belum paham mengenai ini," ujar Jokowi.



Selanjutnya Jokowi menceritakan adanya menteri pada kabinet sebelumnya yang tidak berkoordinasi dengan menteri koordinator. Bahkan, kata Jokowi, ada menteri yang tak hadir ketika diundang dalam rapat bersama menko.

"Kerja tim yang dikoordinasi oleh para menko. Jangan sampai ada lagi diundang para menko tidak hadir, ada yang seperti ini. Saya juga baru dengar," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2