Ini Alasan Jokowi Tak Angkat Menteri Usia 25-30 Tahun

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 18:39 WIB
Jokowi (Feline Lim/Reuters)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berujar akan ada menteri muda berusia 25-30 tahun. Namun ternyata, saat pelantikan kemarin, menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju adalah Mendikbud Nadiem Makarim, yang berusia 35 tahun.

Mensesneg Pratikno memberikan penjelasan. Pratikno mengatakan Jokowi tak menemukan anak muda berusia 25-30 tahun yang memiliki pengalaman birokrasi yang kuat.


"Jadi nggak. Kami juga berpikir jangan sampai anak-anak muda yang pengalamannya belum kuat. Kalau kita menemukan anak muda yang pengalaman birokrasinya kuat, ya jalan," kata Pratikno di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Pratikno mengatakan adanya kekhawatiran-kekhawatiran jika jabatan menteri diserahkan kepada anak muda yang belum cukup berpengalaman. Hal itu, kata dia, justru akan membebani anak muda tersebut.


"Tapi kalau nggak menemukan, jangan sampai nanti malah justru men-downgrade dia. Justru dalam usia potensial, generasi muda potensial kita beri tugas yang berat, dia malah tidak perform, kan dia kasihan. Intinya gitu," ujarnya.

Kendati demikian, Pratikno menegaskan Jokowi telah berusaha mencari calon menteri berusia 25-30 tahun selama ini. "Presiden berusaha keras mencari," kata Pratikno.


Simak Video "Menteri-menteri Kejutan Pilihan Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/gbr)