PPP: Habib Rizieq Tak Dicegah Masuk RI, Jadi Nggak Usah Dibawa Pulang

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 18:39 WIB
Habib Rizieq Syihab (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - PA 212 meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memulangkan Habib Rizieq Syihab. PPP mengatakan tidak ada halangan jika Habib Rizieq ingin pulang ke Tanah Air.

"Sepemahaman saya, saya kebetulan karena di Komisi III, di mana Komisi III itu juga mengawasi Kemenkum HAM yang di dalamnya ada Ditjen Imigrasi, sepemahaman saya, Habib Rizieq itu tidak ditangkal untuk masuk ke negaranya sendiri. Artinya, kalau mau pulang, setahu saya nggak terhalang. Jadi nggak usah juga dibawa pulang," kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).


Jika Habib Rizieq ditangkal untuk masuk, akan ada prosedur klarifikasi kepada penegak hukum atau pihak terkait. Namun, karena Habib Rizieq tak ditangkal, lanjut Arsul, kemauan pulang kembali pada dirinya.

"Kecuali kalau misalnya beliau itu ditangkal masuk ke negara ini, ya baru kemudian harus kita klarifikasikan, kita clear-kan kepada Imigrasi atau kepada lembaga penegak hukum terkait, ini masalahnya apa. Tapi kalau tidak ditangkal, ya kembali terpulang kepada siapa pun yang ada di luar negeri untuk pulang atau tidak," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2