detikNews
Kamis 24 Oktober 2019, 18:41 WIB

Jokowi: Di Indonesia Tak Ada Oposisi, Demokrasi Kita Gotong Royong

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jokowi: Di Indonesia Tak Ada Oposisi, Demokrasi Kita Gotong Royong Joko Widodo (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia tidak mengenal oposisi. Menurutnya, demokrasi di Indonesia adalah demokrasi gotong royong.

"Kita ini ingin membangun sebuah demokrasi gotong royong. Jadi perlu saya sampaikan bahwa di Indonesia ini tidak ada yang namanya oposisi kaya di negara lain. Demokrasi kita ini adalah demokrasi gotong royong," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).



Hal itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan soal bergabungnya Gerindra ke Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, hal itu tak jadi masalah demi demokrasi.

"Kalau itu baik untuk negara, baik untuk bangsa, ya kenapa tidak. Dan sistem presidensial yang kita miliki memang tidak kaya di luar, hanya ada dua partai besar. Saat ini ndak. Meski dua yang berkompetisi, tapi partainya banyak," ucapnya.

Jokowi: Di Indonesia Tak Ada Oposisi, Demokrasi Kita Gotong RoyongFoto: Puspa Perwitasari/Antara Foto




Jokowi mengatakan demokrasi di Indonesia sedang berproses. Prosesnya, menurut Jokowi, sudah menuju ke arah yang lebih baik.

"Ini kita memang masih menuju ke sebuah proses demokrasi dalam bernegara ke depan. Saya kira proses-proses kematangan, proses-proses demokrasi ini memang semuanya masih dalam proses, tapi saya lihat itu menuju sebuah koridor yang semakin baik," ungkap Jokowi.


Oposisi Jadi Menteri, Koalisi Sakit Hati? Simak Videonya:


(imk/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com