detikNews
2019/10/24 16:31:47 WIB

Klenik dan Ide Lepas Monyet untuk Gagalkan Pelantikan Presiden Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Klenik dan Ide Lepas Monyet untuk Gagalkan Pelantikan Presiden Jokowi Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Tersangka Samsul Huda Cs membuat sejumlah skenario untuk menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober lalu. Selain dengan melempar 'bom bola karet', Samsul Cs juga berencana melepaskan monyet-monyet di DPR dan Istana Merdeka.

Dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/10/2019), Samsul menyebut ide melepas monyet itu datang dari suara 'emak-emak'. Emak-emak yakin monyet adalah jawaban untuk menolak 'bala' sehingga nantinya Jokowi gagal menjadi presiden.

"Ide itu datang dari emak-emak disampaikan, karena saya bisa terapi orang 'Pak Samsul 'kan bisa, ada ilmu kebatinan' kan gitu. Ya kalau hanya sekadar lepas monyet saya bisa," ujar Samsul.

Emak-emak itu yakin bahwa untuk menggagalkan Jokowi adalah dengan menyebarkan monyet di DPR dan Istana Merdeka. Mereka percaya hal-hal klenik bisa menggulingkan Jokowi.

"Mereka katakan penangkal Jokowi, Jokowi katanya pake dukun, penangkalnya adalah pake dukun yang punya kekuatan kodok. Katanya penangkalnya bisa dihancurkan oleh monyet," tuturnya.

"Ide bukan dari saya, justru dari emak-emak. Kalau saya nggak punya ide (lepas monyet) dan saya nggak yakin sama klenik-klenik itu karena hidup ini di dunia nyata dan saya baru tahu kalau monyet suka sama kodok," sambungnya.

Meski tidak percaya akan hal itu, namun akhirnya Samsul Cs membeli 9 ekor monyet seharga masing-masing Rp 350 ribu. Monyet-monyet itu dibeli di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

"Rencananya dilepas 3 monyet di DPR dan 6 monyet di Monas, saya sampaikan seperti itu," ucapnya.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com